GPL (Go Pangan Lokal) Goes To School-MITI KM Sumbagut

Borneo International Youth Summit 2018
December 28, 2018

Pada hari Sabtu tanggal 10 November 2018, MITI KM Sumbagut melakukan kegiatan “GPL (Go Pangan Lokal) Goes To School” kepada siswa-siswi SMP Yayasan Perguruan Islam Cerdas Murni yang berada di Jalan Beringin Pasar 7 No 33 Tembung. Kegiatan ini mengangkat tema “ Peran Generasi Milleneals Dalam Menjaga Ketahanan Pangan”. Dalam kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan terhadap produksi pangan lokal dan menumbuhkan semangat untuk menghasilkan inovasi dalam mengelola pangan lokal menjadi produk yang bernilai ekonomis dan bersaing tinggi dipasaran.

Rangkaian kegiatan yang diadakan yaitu seminar, lomba dan Flasmop GPL. Kegiatan yang dilakukan diawali dengan kegiatan Flasmop GPL yang dilakukan bersama siswa –siswi SMP Cerdas Murni. Peserta yang mengikuti flasmop sangat semangat dan antusias. Kegiatan flasmop tersebut sangat menarik dan memacu semangat siswa-siswi untuk mencintai pangan lokal.

Kegiatan selanjutnya siswa-siswi dipersiapkan untuk mengikuti seminar dan pada saat itu juga diadakan penilaian lomba membuat kreasi makanan yang bersumber pada pangan lokal. Kegiatan lomba tersebut banyak diikuti oleh siswa SMP Sekolah Cerdas Murni. Terdapat berbagai macam jenis makanan yang enak dan lezat, yang mereka buat sendiri berdeasarkan berdasarkan kreasi mereka.

Kegiatan yang terakhir adalah seminar Go Pangan Lokal yang diisi oleh pembicara yang berasal dari MITI KM Pengurus Binwil sendiri yaitu Ahmad Rifai S.Hut yang membawakan Seminar tentang Pangan Lokal dan bagaimana menumbuhkan kecintaan terhadap Pangan Lokal serta menyiapkan solusi akan usaha untuk menaga ketahan pangan lokal.

Serangkain kegiatan GPL ditutup dengan pengumuman Pemenang Lomba Kreasi Masakan Lokal dan foto bersama dengan siswa dan guru. Melalui kegiatan GPL ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi para pemuda dan masyarakat di Medan dan dimanapun berada agar lebih mencintai produk Pangan Lokal dan membudayakannya serta berinisiasi untuk membuat berbagai kreasi melalui makanan Pangan Lokal sehingga dapat menarik minat masyarakat sehingga menghasilkan karya anak bangsa yang dapat bersaing ditingkat Nasional dan Internasional agar dapat melestarikan Produk negeri sendiri dan menjaga ketahanan Pangan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *