“Bangga Pangan Lokal”, Kalau Bukan Kita, Siapa lagi?

Pengumuman Pemenang Lomba Desain Inovasi Pangan Lokal GPL 2016
November 26, 2016
Aksi Pemuda Jember: “Ayo Konsumsi Pangan Lokal!”
October 29, 2017

Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September 2017 kemarin menjadi pengingat bagi kita semua akan besarnya peran dan jasa para petani di Indonesia untuk menyediakan pangan yang sehat bagi masyarakat. Kelompok pemuda yang tergabung dalam komunitas Petani Berdasi berkerjasama dengan kelompok pemuda lainnya, yaitu MITI-KM (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa), Himagro UMM, Tergerak Bergerak, Himagri Unitri, Himagro Unitri, Himagri Unisma, Himagro Unisma, Himagro Unira, dan POPMASEPI memperingati hari tersebut dengan melakukan aksi kampanye “Bangga Pangan Lokal” di CFD (Car Free Day) Kota Malang (24/09/17).

Aksi kampanye ini dimulai dengan melakukan kampanye dan orasi di Jalan Besar Ijen. Perwakilan dari setiap komunitas menyampaikan orasinya untuk bersama-sama menyadari pentingnya peran dari para petani di Indonesia, mulai mengonsumsi pangan lokal, serta peran pemuda dan mahasiswa kedepannya dalam memajukan pertanian di Indonesia. Selain itu, juga dilakukan pembagian pangan lokal berupa buah-buahan seperti pisang, jeruk, mangga, apel, salak, dan anggur, umbi-umbian, dan sayur-sayuran. Selanjutnya dilakukan kegiatan senam bersama, yaitu senam GPL (Go Pangan Lokal) yang dipimpin oleh MITI-KM bersama dengan semua kelompok pemuda tergabung serta masyarakat sekitar yang menikmati CFD pagi itu.

Kegiatan peringatan Hari Tani Nasional ini ditutup dengan deklarasi dari kelompok pemuda tergabung untuk bersama-sama mengonsumsi dan menggalakkan “Bangga Pangan Lokal” sebagai aksi nyata meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia. Diharapkannya, aksi ini dapat menjadi pengingat bagi para pemuda dan masyarakat untuk mulai lebih banyak mengonsumsi pangan lokal dalam kehidupan sehari-hari. Karena majunya pertanian dalam negeri juga ditentukan dari kesadaran dan kebanggaan masyarakat akan produk dalam negerinya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *